PAMERAN MUSEUM PENDIDIKAN DAN SEKOLAH YOGYAKARTA

Mahasiswa Pendidikan Sejarah 2017 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan pameran Museum Pendidikan dan Sekolah Yogyakarta yang bertempat di ruang pameran Museum Pendidikan Indoensia UNY. Pembukaan pameran dilaksanakan pada Senin, 18 Desember 2017 dan dihadiri oleh dua tamu undangan, yaitu Dr. Sardiman AM. MPd selaku dosen pengampu mata kuliah Museologi dan Drs. Hadjar Pramadhi MA.Hons. selaku kepala MPI UNY. Selain dua tamu undangan, peresmian pameran dihadiri oleh segenap pengurus MPI UNY dan mahasiswa Pendidikan Sejarah 2017. Pameran Museum Pendidikan dan Sekolah Yogyakarta menampilkan display menarik yang berisi narasi tentang sejarah pendidikan dan sekolah-sekolah di Yogyakarta.  Selain itu, dalam ruang pameran juga disediakan media pembelajaran dan interaksi berupa video untuk memahami narasi sejarah dengan lebih baik.

Persiapan pengadaan pameran Museum Pendidikan dan Sekolah Yogyakarta terbilang tujuh hari dengan membagi materi pendidikan secara umum untuk mahasiswa Pendidikan Sejarah 2017 B dan materi sekolah-sekolah di Yogyakarta untuk mahasiswa Pendidikan Sejarah 2017 A. Pengerjaan dan pengumpulan materi dibimbing oleh kurator MPI UNY, Bapak Asnan Arifin SPd. Penyelesaian materi pameran diikuti dengan dekorasi ruangan yang dimulai dan diselesaikan pada hari Minggu, 17 Desember 2017. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bapak Sardiman,  AM, MPd,  selaku dosen pembimbing dengan disaksikan oleh  kepala MPI beserta tamu undangan serta menjadi pembukaan pameran yang dilaksanakan selama 5 hari. Penjagaan pameran dilakukan oleh mahasiswa yang dibagi dan disesuaikan dengan jam kuliah, dengan sistem pembagian jam agar lebih efektif.

Pameran yang dilaksankan selama 5 hari ini dapat menarik perhatian total tidak kurang dari 700 pengunjung. Penutupan pameran dilaksanakan pada hari Jum’at, 22 Desember 2017. Tetapi display pameran masih ditampilkan sampai 1 minggu kemudian. Pelepasan display dilaksanakan pada tanggal 29 Desember 2017 dengan ucapan Alhamduliilah.