PELAKSANAAN VISITASI AKREDITASI PRODI PENDIDIKAN SEJARAH 2018

Pada tanggal 1 - 3  Maret 2018 dilaksanakanlah visitasi terhadap program studi pendidikan sejarah  FIS UNY oleh BAN PT. Asesor yang mendapat tugas untuk visitasi tersebut adalah Dr. Umasih, M.Hum dari Universitas Negeri Jakarta dan Dr. Abdurakhman, M.Hum.SS dari Universitas Indonesia (UI).  Kegiatan berlangsung di Ruang Sidang Dekanat, Ruang Ki Hajar Dewantara dan Ruang Lafran Pane– FIS UNY, dan dimulai pukul 08.00 WIB. Visitasi tersebut dihadiri oleh Tim Task Force dan Bapak /Ibu Dosen Prodi Pendidikan Sejarah, Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial, Civitas FIS, Perwakilan Mahasiswa dan Alumni dari Prodi Pendidikan Sejarah dan unit-unit pendukung UNY.

Beberapa standar penilaian yang diperiksa oleh tim asesor, yaitu: (1) Standar Penilaian Visi dan Misi, (2) Standar Tata pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu, (3) Standar Mahasiswa dan Lulusan, (4) Standar Sumber Daya Manusia, (5) Standar Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik, (6) Standar Pembiayaan, Sarana dan Prasarana serta Sistem Informasi, dan (7) Standar Penelitian, Pelayanan, dan Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama.

Proses visitasi tersebut berjalan lancar dengan membagi tugas untuk masing asesor. Dr. Umasih, M.Hum melakukan visitasi Borang 3B (Fakultas) dan wawancara kepada perwakilan mahasiswa dan alumni prodi, sementara Dr. Abdurakhman, M.Hum.SS melakukan visitasi Borang 3A Prodi Pendidikan Sejarah dan berakhir tepat pukul 20.15 WIB dengan ditandai serah terima berita acara hasil visitasi dari asesor kepada Dekan FIS dan Kaprodi Pendidikan Sejarah. Selanjutnya Berita Acara Visitasi dirapatkan dan dibawa ke BAN PT untuk penetapan nilai akreditasi yang tepat dan layak untuk program studi Pendidikan Sejarah.