PELATIHAN LAB. PRODI PENDIDIKAN SEJARAH : "KATALOGISASI DAN ONLINENISASI"

Pada hari Jumat tanggal 2 Desember 2016 di Ruang Meeting Prodi Pendidikan Sejarah lantai 3 Gedung Dekanat FIS UNY diselenggarakan Pelatihan Pengelolaan Laboratorium Prodi. Acara ini diikuti oleh 12 mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah FIS UNY  beserta beberapa orang dosen dari program studi tersebut. Para peserta ini tidak memiliki latar belakang pendidikan perpustakaan. Kegiatan ini dimaksudkan agar peserta pelatihan mampu melakukan pengelolaan sederhana atas koleksi yang dimiliki oleh program studi tersebut. Kegiatan pelatihan berlangsung sbb.: Dimulai pada pukul 09.00 dengan acara pembukaan oleh Kepala Lab. Prodi Pendidikan Sejarah Rhoma Dwi Arya Yuliantri M.Pd. Rhoma mengatakan Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan diadakan guna menyikapi upaya-upaya peningkatan sistem kelola perpustakaan yang sudah seharusnya mengikuti perkembangan globalisasi. Di sisi lain  dalam UU No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan disebutkan bahwa pustakawan harus memiliki kompetensi dan profesionalisme di bidangnya. Pelatihan ini juga sejalan dengan SK Permendiknas No 25 Tahun 2008 tentang standar tenaga perpustakaan sekolah.

Tujuan pelatihan antara lain menyiapkan tenaga perpustakaan yang kompeten dalam halmanajerial, yaitu mampu memimpin, merencanakan, melaksanakan, memantau, mengevaluasi pelaksanaan program perpustakaan; Menyiapkan tenaga perpustakaan yang kompeten dalam hal pengelolaan informasi, yaitu mampu mengembangkan koleksi, mengorganisasi koleksi, memberikan jasa dan sumber informasi, pemeliharaan koleksi, penerapan teknologi informasi dan komunikasi ; dan Menyiapkan tenaga perpustakaan yang kompeten dalam halkependidikan, yaitu mampu melakukan promosi perpustakaan dan bimbingan literasi informasi.

Acara selanjutnya, para peserta pelatihan mengikuti materi Administrasi dan Inventarisasi Koleksi. Materi ini disampaikan oleh Perdaning Pertiwi (Koordinator Pengelola Perpustakaan FIS UNY).   Pustakawan FIS UNY tersebut memberikan ragam materi diantaranya bagaimana mengelola perpustakaan dengan baik berdasarkan nilai histori dan perkembangannya hingga saat ini. Pustakawan juga memberikan materi tentang bagaimana teknologi informasi memudahkan akses dan pengelolaan perpustakaan melalui perangkat lunak. Selain itu juga, pustakawan memperkenalkan bagaimana situs perpustakaan menjadi satu kesatuan dengan beberapa sekolah binaan yang tergabung dalam Isekolah. Peserta pelatihan mengikuti materi Katalogisasi yang disampaikan oleh Daning.

Berhubung alokasi waktu yang tersedia amat terbatas, sedangkan target pada sesi ini adalah peserta pelatihan dapat menemukan data katalog suatu koleksi dan entri data katalog maka materi yang diajarkan pada sesi ini adalah: a) Diskripsi Bibliografi, b) Sekilas tentang Entri Utama dan Entri Tambahan, c) Sekilas tentang Tajuk Subyek, d) Sekilas tentang Klasifikasi, e) Copy data katalog pada KDT (Katalog Dalam Terbitan) atau pada KIN Perpusnas atau pada perpustakaan yang lain, d) Praktek Entry data katalog pada sistem yang sudah dibuat. Pada sesi terakhir, peserta mengikuti materi Finishing yang disampaikan oleh Bayu S. Kom (Pengelola Perpustakaan FIS UNY). Materi ini berisi tentang bagaimana mencetak label buku dan barcode buku atas buku-buku yang telah di-entry pada sistem oleh peserta pelatihan pada sesi sebelumnya (Danu).