BERITA ACARA PKKMB PRODI PENDIDIKAN SEJARAH TAHUN 2022 “ GENERASI MILLENIAL TANGGUH, SEJARAH TIDAK RAPUH “

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Pendidikan Sejarah tahun 2022 digelar secara virtual melalui Zoom dan Menghadirkan 4 Mahasiswa secara Offline untuk penerimaan simbolis. Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Agustus 2022 dengan mengusung tema besar “Mempertahankan Nilai Kesejarahan Melalui Pendidikan di Era Society dan Majunya Peradaban” dengan Tag Line “Generasi Millenial Tangguh Sejarah Tidak Rapuh”. PKKMB merupakan sebuah kegiatan wajib yang dilaksanakan dalam rangka mengenalkan kehidupan. perkuliahan kepada mahasiswa baru. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PKKMB merupakan rangkaian acara yang wajib diikuti Maba mulai dari tingkat Universitas, Fakultas, dan Program Studi. Mahasiswa pun telah mengikuti rangkaian PKKMB mulai dari tingkat universitas hingga prodi, namun mahasiswa baru Pendidikan Sejarah tampak sangat antusias dan semangat dalam mengikuti acara tersebut.
Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan Pengaksesan Materi Besmart dan Absensi Maba, kemudian setelah seluruh maba kondusif memasuki room zoom acara dibuka oleh MC diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lagu kebangsaan ini diputar dengan khidmat sehingga pada awal kegiatan, para dosen, panitia, dan maba terpantik semangat nasionalisme-nya setelah mendengarkan lagu tersebut. Selanjutnya, acara PKKMB Prodi Pendidikan Sejarah secara resmi dibuka oleh Koordinator Jurusan Prodi Pendidikan Sejarah, Dr. Zulkarnain, M.Pd. Pada sambutannya, Dr. Zulkarnain secara khusus menyampaikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru dan berpesan agar mahasiswa baru segera beradaptasi dengan kegiatan seputar perkuliahan, sehingga dapat mengembangkan potensinya secara maksimal.
Selanjutnya, acara inti pada kegiatan PKKMB Prodi Pendidikan Sejarah adalah Talkshow dengan Dr. Zulkarnain, M.Pd dan Diskusi Sejarah oleh Prof. Dr. Aman, M.Pd dan juga Bapak Danu Eko Agustinova, S.Pd, M.Pd,. Ketiga pembicara diatas memaparkan materi yang berbeda, Dr. Zulkarnain selaku Koorprodi menjelaskan seputar profil Prodi Pendidikan Sejarah, sedangkan Prof. Dr. Aman, M.Pd dan juga Bapak Danu Eko Agustinova, S.Pd, M.Pd, menyampaikan Diskusi Sejarah dengan Topik “Isu Penghapusan Mata Pelajaran Sejarah dan Mempertahankan Nilai Sejarah di Era berkembangnya Teknologi” Kedua judul tersebut sangat menarik mahasiswa baru, sehingga dalam talkshow tersebut diskusi interaktif dengan mahasiswa baru terjalin dengan baik. Pada siang hari setelah Ishoma, acara dilanjutkan dengan Aksi Maba, berupa presentasi poster terbaik dari beberapa mahasiswa baru. Selain itu, ada pula sesi Ice Breaking yang sangat seru, berupa tebak Lagu yang dipandu oleh MC. Acara tersebut ditutup pada pukul 14.45 WIB dengan sesi foto bersama.