DISTRIK #2 (DISKUSI INTERAKTIF) TEMA PERJUANGAN FEMINISME MEWUJUDKAN KESETARAAN GENDER DARI MASA KE MASA

Pada hari Sabtu (23/07/2022) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah (HMPS) melalui Divisi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) melakukan kegiatan Dikusi Interaktif yang kedua yang bertema “ Perjuangan Feminisme Mewujudkan Kesetaraan Gender dari Masa ke Masa”. Kegiatan ini dilaksanakan melalui media Zoom sekitar pukul 14:30 dan dimoderatori oleh saudara Ubaidillah Surya Prawira. Diskusi ini menghadirkan dosen dari Pendidikan Sosiologi yakni Sasiana Gilar Apriantika, S.Pd., M.A. serta anggota dari LPM Philosofos yakni Rachma Syifa Faia Rachel sebagai pemantik diskusi.
Kegiatan ini membuka diskusi dan memberikan informasi yang berkaitan dengan feminisme. Feminisme sendiri sering dipahami sebagai gerakan yang dilakukan oleh kaum wanita dalam memperjuangkan ketidak-adilan gender. Perjuangan feminisme sangat bergantung pada situasi dan kondisi dari zaman yang dihadapi. Misi kesetaraan gender masih memiliki pro dan kontra besar dari masa ke masa. Ketika berhadapan dengan pemikiran denial yang beranggapan bahwa sudah kodratnya wanita selalu beranggapan kekuasaan kaum pria.
Pada DISTRIK #2 ini materi yang dibahas antara lain Sejarah feminisme, Gerakan perempuan Indonesia,  Gerakan perempuan mewujudkan kesetaraan dari masa ke masa, Esensi Feminisme, dan Perempuan masa kini yang disampaikan oleh Pemabicara satu yakni Ibu Sasiana Gilar Apriantika S.Pd., M.A. Dan pembicara dua Rachma Syifa Faiza Rachel menyampaikan materi mengenai Permasalahan perempuan masa kini, Peran perempuan dalam membuat terobosan terkait stigma masa kini, Esensi gerakan feminisme, Apa itu kesetaraan, dan Perempuan masa kini. Dengan adanya pemaparan materi tersebut diharapkan bisa menambah pengetahuan dan wawasan mengenai feminisme bagi mahasiswa pendidikan sejarah khususnya.