HAKRAB Keluarga Besar Pendiidkan Sejarah 2021

Keakraban merupakan sarana untuk lebih mengenal satu sama lain terutama dalam masa orientasi mahasiswa. Dalam dunia perkuliahan kita memerlukan adaptasi terhadap lingkungan sekitar. Adaptasi diperlukan karena terdapat berbagai perbedaan terutama mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah. Keunikan Indonesia yang memiliki berbagai suku dari berbagai daerah akan membawa budaya dan perilaku yang beragam. Mengenal satu sama lain menjadi hal yang sangat penting untuk bisa menerima setiap perbedaan yang ada. Toleransi yang kuat harus ditanamkan oleh setiap mahasiswa dalam kehidupan kampus. Selain itu mahasiswa perlu untukleebih mengenaal dengan dosen, kakak tingkat, maupun dengan organisasi. Saat ini mahasiswa tidak hanya dituntut untuk menikuti setiap pembelajaran, tetapi kegiatan diluar pembelajaran seperti organisasi maunpun unit kegiatan mahasiswa (UKM). Kemampuan softskill perlu dikembangkan untuk menunjang pembelajaran. Banyak hal yang didapatkan dengan mengikuti kegiatan organisasi maupun UKM. Mahasiswa akan mendapatkan banyak pengalaman dari kepanitian yang ada setiap kegiatan, relasi yang lebih luas, dan leadership.
Hakrab program studi pendidikan sejarah diadakan pada hari Sabtu, 11 September 2021 secara daring. Dalam acara kali ini memiliki tema besar “Different Begginings, Common Ending”. Tema besar ini hadir sebagai tujuan untuk menanamkan rasa kebersamaan dan toleransi. Latar belakang adanya acara ini karena permasalahan yang dihadapi oleh angkatan sebelumnnya terkait perbedaan yang ada. Permasalahan muncul berawal dari mulai berkumpulnya orang yang sefrekuensi satu sama lain. Berkumpulnya setiap mahasiswa tidak menjadi masalah karena setiap mahasiswa bebas untuk memilih berteman dengan siapa saja, tetapi dalam kenyataannya terdapat penyimpangan yang secara tidak langsung muncul dengan sendirinya. Penyimpangan ini adalah ada beberapa mahasiswa yang merasa tidak memiliki teman yang sefrekuensi. Hal ini membuat mahasiswa yang tidak memiliki teman merasa terkucilkan. Permasalahan ini perlu perhatian lebih karena penting sekali untuk bisa memiliki teman dalam melakukan kegitan perkuliahan. Hakrab menjadi salah satu jalan untuk mengatasi permasalahan tersebut.
    Dalam pelaksanan hakrab tahun ini menghadirkan banyak pengisi untuk mencapai tujuan hakrab. Hakrab tahun ini memiliki konsep podcast dengan menampilkan pembicara dengan didampingi moderator yang memandu acaraa. Konsep podcast sangat popular karena mendapatkan banyak informasi dan sangat interaktif. Untuk membuka acara diadakan sesi perkenalanan HMPS yang di isi oleh kahim HMPS. Perkenalkan HMPS sangat penting dilakukan karena maba menjadi tertarik untuk bergabung dengan organisasi yang ada di Pendidikan Sejarah. Selanjutanya acara dari pembicara kedua dari alumni dan  kating telah menjadi kahim sebelumnya. Pengalaman dan ilmu yang dipunyai pastinya akan sangat banyak sekali. Selain itu kita menghadirkan 4 pembicara utama dengan tema yang berbeda. Maba akan sangat tertarik karena materi yang diberikan akan sangat banyak dan sangat beragam. Sebelum memulai acara kitaa juga memberikan ice breaking berupa permainan kapada maba agar merasa rileks dan dapat menikuti acara dengan baik. Untuk ice breaking kita memiliki 2 sesi, dengan permainan sambung kata dan tebak gambar. Setelah maba menjadi nyaman kita melanjutkan acara dengan perkenalan organisasi Ikahimsi sebagai organisasi sejarah seluruh Indonesia. Untuk menambah relasi yang lebih luas lagi diperlukan organisasi yang sangat besar. Dengan perkenalan Ikahimsi, maba dapat lebih mengembangankan dirinya dengan sesama sejarah tidak hanya di dalam kampus tetapi dapat lebih di luar kampus. Pengisi terakhir adalah dari Mahasiswa Prestasi (Mapres). Dengan adanya sesi digunakan untuk lebih membuat semangat yang berkobar untuk lebih mengembangankan dirinya dengan banyak peluang prestasi yang sangat luas. Sebagai penutup acara diadakan penghargaan bagi maba maupun gugus yang sudah mengikuti acara dengan aktif dan mengikuti acara dengan baik. Dengan nominasi ini maba menjadi lebih bersemangat untuk mengikuti kegiatannya kedepannya.