Pembukaan HMPS Mengajar 2019

Pada Hari Minggu, Tanggal 03 November 2019 tepatnya  Pukul 08.00 WIB. Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah (HMPS) Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta mengyelenggarakan acara pembukaan program kerja HMPS Mengajar yang bertempat di Balai Sumeh, Kampung Tegal Lempuyangan, Desa Bausasran, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta. Acara pembukaan HMPS Mengajar tersebut dihadiri oleh perwakilan dari masyarakat desa setempat, yang terdiri dari bapak ketua RK, ketua RW beserta ketua RT juga beberapa anak-anak yang turut meramaikan acara pembukaan HMPS Mengajar 2019 dan dari pihak Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah dihadiri oleh ibu Diana Tresnawati, M.Pd selaku Pembina HMPS, Agung Bahroni selaku ketua HMPS dan para pengajar dalam program kerja HMPS Mengajar 2019.

HMPS Mengajar merupakan salah satu program kerja unggulan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Dan tahun 2019 ini adalah tahun ke lima penyelenggaraan HMPS Mengajar. Tujuan dari penyelenggaraan program kerja HMPS Mengajar itu sendiri adalah sebagai bentuk aksi nyata pelaksanaan salah satu dari Tri Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian terhadap masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan. Karena Universitas Negeri Yogyakarta juga merupakan kampus yang berbasis pada pendidikan, maka program kerja HMPS Mengajar dapat pula dijadikan sebagai ajang untuk mengasah kemampuan para mahasiswa, khususnya mahasiswa pendidikan Sejarah dalam mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya di kampus kepada masyarakat secara langsung sekaligus meningkatkan skill mengajar sebagai calon tenaga pendidik yang profesional dimasa yang akan datang.

Rangkaian kegiatan yang terdapat didalam HMPS Mengajar 2019 terdiri dari acara pembukaan, pelaksanaan proses bengajar-mengajar yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-29 November 2019, dalam rangkaian belajar-mengajar juga terdapat program kreatifitas. Selain itu HMPS Mengajar 2019 juga menerima donasi berupa buku dari berbagai pihak yang mau bekerjasama untuk menyediakan sebuah perpustakaan di tempat belajar-mengajar. Dan yang terakhir terdapat acara penutupan, yang rencananya akan dilaksanakan kegiatan kunjungan museum bersama antara pengajar dan anak-anak kampung Tegal Lempuyangan.

Sasaran dari program HMPS Mengajar 2019 ini adalah anak-anak kampung Tegal Lempuyangan, dimulai dari TK, SD sampai dengan SMP. Dengan mata pelajaran khusus yang diampu para pengajar adalah: Kursus membaca dan menulis, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS. Selain itu para pengajar juga dapat membantu anak-anak untuk menyelesaikan Pekerjaan Rumah atau tugas dari sekolah mereka. Dengan dilaksanakannya progra kerja HMPS Mengajar 2019 ini, diharapkan mampu meningkatkan kepedulian mahasiswa pendidikan Sejarah terhadap isu-isu dan perkembangan pendidikan dimulai dari lingkup paling kecil, yakni lingkungan sekitarnya dan dapat mendorong mahasiswa untuk berkontribusi aktif dalam upaya menjadikan pendidikan Indonesia lebih baik. Selain itu diharapkan juga memberikan manfaat positif dan memberikan pemahaman tentang pentingnya pendidikan bagi masyarakat kampung Tegal Lempuyangan.