"SECEPAT APAKAH KAMU LULUS" PERCEPATAN TUGAS AKHIR SKRIPSI PRODI ILMU SEJARAH

“Rata-rata 5 tahun (masa studi yang ditempuh mahasiswa ilmu sejarah dalam menyelesaikan kuliah). Bahkan banyak mahasiswa yang baru lulus setelah 7 tahun. Tahun 2020 ini target kita 4.9 tahun (mahasiswa ilmu sejarah) sudah lulus”.

Yogyakarta – Demikianlah yang diucapkan oleh Koordinator Program Studi Ilmu Sejarah FIS UNY, Danar Widiyantana, M.Hum secara jelas dalam sambutannya, pada kegiatan bertajuk “Percepatan Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Ilmu Sejarah Angkatan 2017”. Program Studi Ilmu Sejarah bersama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Sejarah berhasil menggelar acara tersebut di Ruang Ki Hadjar Dewantara (KHD) FIS UNY pada hari Rabu (12/02/2020) pukul 08.00 – 12.30 WIB. Terhitung 92 peserta terdaftar dalam presensi hadir pada acara tersebut.

Kegiatan yang diikuti oleh Mahasiswa Ilmu Sejarah mulai dari Tahun 2013 hingga 2017 ini menghadirkan seluruh Dosen Program Studi Ilmu Sejarah. Acara diawali oleh dua orang Master of Ceremony. Kemudian, sambutan dari Kepala Program Studi Ilmu Sejarah, Danar Widiyantana, M.Hum, selanjutnya kata sambutan oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Dyah Kumalasari, M.Pd sekaligus membuka acara tersebut.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan 1 mengatakan, “kegiatan ini adalah program dari Universitas yang dimaksudkan untuk mempercepat pengerjaan Skripsi mahasiswa semester 6 dan memberikan pengarahan agar mahasiswa sudah harus memikirkan tentang tugas akhir mereka”. Selain itu, dalam acara ini diisi materi tentang motivasi dan pengarahan tata cara pembuatan Tugas Akhir yang baik dan benar oleh Danar Widiyantana, M.Hum., HY Agus Murdiyastomo, M.Hum., dan Ririn Darini, M.Hum. yang dipandu oleh Ita Mutiara Dewi, M.Si. sebagai Moderator.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab seputar pengerjaan tugas akhir Mahasiswa. Selain tanya jawab, ketiga pemateri juga mengisahkan beberapa cerita unik untuk dijadikan sebagai motivasi bagi mahasiswa tentang pengalaman mereka selama membimbing mahasiswa “atas” dalam pengerjaan tugas akhir. Selepas Ba’da Dzuhur tepatnya pukul 12.30 WIB acara selesai dan ditutup oleh Master of Ceremony.

Salah satu peserta yang hadir, Doni Agustio Wijaya (21) mengutarakan apresiasi atas suksesnya kegiatan yang dicanangkan oleh Program Studi tahun ini. “sangat bermanfaat acaranya dan saya mendapatkan banyak pelajaran untuk dipakai menyusun tugas akhir saya nanti.” Tangkas Mahasiswa Ilmu Sejarah Angkatan 2017 tersebut. Mahasiswa Ilmu Sejarah itu juga berterimakasih kepada seluruh dosen yang telah membimbingnya selama ini. (Muhammad Fachrul Rabul)