Sidang Umum HMPS Tahun 2023

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta (HMPS UNY) melaksanakan Sidang Umum HMPS Tahun 2023. Kegiatan SU HMPS UNY dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 28 dan 29 Januari 2023, bertempat di Ruang Ki Hajar Dewantara, FISHIPOL UNY. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Departemen Pendidikan Sejarah, Dr. Zulkarnain, M.Pd, Dosen Pendamping HMPS , Bapak Asyhar Basyhari, M.Pd, Bapak/Ibu Dosen Departemen Pendidikan Sejarah FISHIPOL UNY, serta alumi dan audiens umum. Pada sambutannya, Kadep Pendidikan Sejarah, Dr. Zulkarnain, M.Pd menyampaikan bahwa HMPS adalah organisasi mahasiswa tertinggi pada tingkat departemen pendidikan sejarah, dan oleh karena itu harus mampu beradaptasi sesuai dengan perkembangan zaman, serta mempertanggungjawabkan segala yang dilakukan sesuai dengan arah program kerja secara terbuka kepada seluruh publik mahasiswa pendidikan sejarah.
Kegiatan Sidang Umum, mempunyai makna penting sebagai laporan pertanggungjawaban pengurus HMPS FISHIPOL UNY selama satu periode mejabat. Pada kesempatan tersebut, SU HMPS tahun 2023 pertama kali dilaksanakan secara full offline setelah selama dua tahun terdampak oleh pandemi dan dilaksanakans secara online. SU HMPS dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diperuntukkan kepada seluruh audiens yang ada didalam ruangan terhadap pengurus yang sedang menjalani sidang. Sidang juga dipimpin oleh tiga orang pimpinan sidang yang masing-masing mempunyai tugas yang berbeda. SU HMPS tahun 2023 juga menandai berakhirnya masa jabatan pengurus HMPS periode 2022, pasca di demisionerkan, pengurus HMPS 2022 tidak lagi mempunyai tanggung jawab struktural terhadap HMPS.
Dosen Pembimbing HMPS, Bapak Asyhar Basyhari, M.Pd menuturkan bahwa meskipun pengurus HMPS 2022 telah demisioner sesuai dengan konsideran sidang, namun beliau berharap agar pengurus yang telah demisioner bersama dengan alumni tetap menjaga hubungan yang baik dengan Departemen Pendidikan Sejarah, maupun pengurus baru yang mejabat. Regenerasi pengurus sangat dibutuhkan oleh semua organisasi, demikian pula dengan HMPS FISHIPOL UNY, pasca pembacaan penilaian dilangsungkan dan LPJ di terima, maka kegiatan dilanjutkan dengan serah terima jabatan Ketua HMPS Periode 2022, saudara Kresna Manik H.A.N, kepada Ketua HMPS Tahun 2023, saudara M. Yoga Aliakim. Seluruh publik pendidikan sejarah berharap agar HMPS semakin maju dan berjaya. (Kresna)