SEMINAR NASIONAL MUATAN DAN POSISI MATA PELAJARAN SEJARAH DI KURIKULUM 2013

Rabu (19/10/2016), Program Studi Pendidikan Sejarah FIS UNY menyelenggarakan acara seminar nasional. Acara yang dimulai pada pukul 08.30 WIB ini diselenggarakan di Ruang Utama Rektorat UNY dan diikuti oleh sekitar 350 peserta yang terdiri dari dosen Jurusan Pendidikan Sejarah, mahasiswa, guru Sejarah, dan umum. Seminar nasional yang diselenggarakan kali ini mengusung tema muatan dan posisi mata pelajaran Sejarah di Kurikulum 2013.  
Seminar tersebut dibersamai oleh  praktisi Pendidikan yaitu Prof. Suyanto P.Hd (Ketua tim evaluasi Kurikulum 2013) dan Praktisi Pendidikan Sejarah,Prof. Dr. Said Hamid Hasan MA., (Ketua tim perumus dan pengembang Kurikulum 2013). Dalam kesempatan ini, juga dihadiri Dirjen Kebudayaan Dr. Hilmar Farid sebagai keynote Speaker.
Acara seminar ini dibuka oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA., dengan memukul gong yang iringan musik gamelan dan tari oleh mahasiswa UNY. Seminar nasional ini dilatarbelakangi oleh ramainya pembicaraan tentang kurikulum 2013.  Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kurikulum 2013 sempat dihentikan sementara untuk di evaluasi. Hal ini membawa kebingungan untuk pendidik Sejarah di lapangan, baik dari sisi konsep maupun kebijakan kurikulum itu sendiri. 
Untuk menjawab kebingungan itu, seminar ini  diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidik Sejarah. Hamid Hasan membawakan beberapa materi terkait dengan kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Sejarah antara lain memaparkan tujuan kurikulum 2013 mata pelajaran Sejarah yaitu mendorong perkembangan peserta didik sehingga mempunyai kesiapan untuk pendidikan selanjutnya baik dalam hal sikap spritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan.
Selain itu, beliau juga membahas tentang cara mengelola pembelajaran yang menyenangkan dapat dilakukan dengan proses pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif dapat mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomukasikan baik terkait diri sendiri, lingkungan atau kejadian. 
Pemaparan kedua dibawakan oleh Ketua Tim Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Prof. Suyanto P.hD. Beliau membahas tentang latar belakang dan alasan mengapa Kurikulum 2013 perlu dievaluasi. Menurut Suyanto implementasi Kurikulum 2013 dirasa terlalu cepat dan terburu-buru. Segala infrastruktur yang diperlukan dalam implementasi kurikulum ini belum disediakan dengan baik sehingga di lapangan banyak terjadi kekurangan dan kelemahan. Tujuan dari seminar ini adalah agar pemahaman para calon pengajar dan pengajar di Pendidikan Sejarah mampu memperluas, memperdalam, dan mempertajam pemahaman tentang muatan dan posisi mata pelajaran Sejarah di kurikulum 2013 (Danu).