HAKRAB Departemen Sejarah Tahun 2023 "Common Solidarity Make a Colorful History"

Hari Keakraban (HAKRAB) Pendidikan Sejarah dan Pariwisata tahun 2023 digelar secara tatap muka di gedung SCC UII Kaliurang. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu sampai Minggu pada tanggal 26 sampai 27 Agustus 2023 dengan mengusung tema besar "Common solidarity make a colorful history". HAKRAB merupakan serangkaian kegiatan dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah yang bertujuan untuk membantu mahasiswa baru jurusan Pendidikan Sejarah dan Pariwata agar bisa beradaptasi dengan lingkungan baru dan lebih mengenal satu sama lain. Kegiata HAKRAB ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru jurusan Pendidikan Sejarah dan Pariwisata.
Acara dimulai pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023 pada pukul 06.30 WIB dengan acara kumpul peserta HAKRAB yang bertempat di kampus FISHIPOL UNY, kemudian diadakan pengarahan dari ketua HAKRAB dan ketua HMPS agar peserta tetap kondusif. Kemudian pemberangkatan ke lokasi HAKRAB dilakukan pada pukul 07.50 WIB dan sampai di lokasi HAKRAB pada pukul 08.30. Setelah sampai di lokasi, panitia mengondisikan mahasiswa baru untuk menuju kamar dan merapikan barang bawaan. Setelah merapikan barang bawaan mahasiswa baru diarahkan menuju aula untuk pembukaan acara HAKRAB. Acara HAKRAB dibuka oleh MC pada pukul 09.10 WIB diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya agar dapat membangkitkan rasa nasionalisme pada mahasiswa baru, panitiandan juga dosen. Selanjutnya acara resmi dibuka oleh Dr. Risky Setiawan S.Pd., M.Pd. pada sambutannya.
Acara selanjutnya dilanjutkan dengan sarasehan dengan alumni ketua HMPS yaitu mas Kresna dan Mas Allen dengan tema "relasi dalam perkuliahan". Dengan adanya acara ini diharapkan mahasiswa baru dapat menjalin relasi dalam dunia perkuliahan. Selanjutnya dilanjutkan dengan ice breaking agar mahasiswa baru tetap antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan HAKRAB. Kemudian acara dilanjutkan dengan sarasehan dengan alumni ketua HMPS yaitu mas Alvin dan mas Agung dengan tema "manfaat organisasi sebagai motor penggerak jurusan dan manfaat organisasi dalam dunia kerja". Setelah acara sarasehan kegiatan selanjutnya adalah ISHOMA pada pukul 11.20 WIB sampai pukul 12.30 WIB.
Setelah ISHOMA dilanjutkan dengan acara Focus Grup Discussion selama 30 menit dan dilanjutkan dengan acara debat. Acara debat ini bertujuan agar mahasiswa baru berani menganalisis dan mengungkapkan pendapatnya. Setelah debat dilanjut dengan acara free time dengan pemandu yang bertujuan agar mahasiswa baru lebih akrab, tidak merasa canggung dengan kakak tingkatnya dan teman-teman satu angkatannya.
Kemudian acara dilanjutkan dengan talkshow dengan Dr. Danu Eko Agustinova M.Pd, Dr. Dyah Kumalasari M.Pd, Bapak Tio Anggara M.Pd, dan Ibu Indri Kurniawati M.Sc. dengan tema "etika dalam dunia perkuliahan" dengan adanya talkshow ini diharapkan mahasiswa baru dapat mengerti etika dan tata krama baik itu dalam berhubungan dengan dosen maupun dengan mahasiswa lain dalam lingkungan kampus. Setelah itu acara dilanjut dengan ISHOMA pada pukul 17.00 WIB.
Setelah ISHOMA pada pukul 19.30 WIB mahasiswa baru kembali ke aula dan dilanjutkan dengan acara pentas seni dan pembacaan puisi. Acara pentas seni berjalan dengan lancar dan para mahasiswa baru juga menunjukkan semangat dan antusiasnya dalam melakukan pentas seni. Kemudian setelah pentas seni dilanjutkan dengan display dari divisi MIBA HMPS yaitu dengan menampilkan pentas musik akustik. Selanjutnya pada pukul 23.00 mahasiswa baru diarahkan ke kamar masing-masing untuk istirahat agar kondisinya tetap fit pada hari kedua untuk melanjutkan rangkaian acara HAKRAB
Pada hari kedua kegiatan pertama adalah sholat subuh bersama lalu dilanjutkan dengan acara senam pagi untuk menambah semangat mahasiswa baru dalam mengikuti kegiatan hakrab di hari kedua. Setelah senam acara dilanjutkan dengan sarapan bersama, kemudian setelah sarapan acara dilanjutkan dengan penugasan surat cinta yang mana isinya adalah kesan pesan mahasiswa baru terhadap seluruh panitia HAKRAB Departemen Sejarah 2023. Setelah penugasan dilanjutkan dengan colorfun yaitu bermain holly powder untuk memeriahkan acara HAKRAB pada hari kedua. Setelah colorfun acara dilanjutkan dengan outbond yang mana tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kekompakan para mahasiswa baru.
Setelah selesai kegiatan outbond lalu dilanjut dengan istirahat dan bersih-bersih. Kemudian setelah selesai bersih-bersih dilanjut dengan makan siang. Kemudian setelah sekesai makan siang mahasiswa baru diarahkan ke aula SCC UII untuk persiapan kegiatan selanjutnya yaitu tukar kado. Kegiatan tukar kado dilaksanakan di aula SCC UII dan diikuti oleh seluruh peserta HAKRAB. Selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan nominasi dan penobatan Rama Shinta. Setelah penobatan Rama Shinta acara dilanjutkan dengan penutupan kegiatan HAKRAB yang dilakukan oleh MC. Kegiatan hakrab ditutup pada pukul 14.45 WIB dan diakhiri dengan foto bersama. (Yoga)