Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan II (KKL II) di Jawa Tengah-Banten

Sebanyak 83 mahasiswa dan 3 dosen Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY melaksanakan kegiatan lapangan dalam rangkaian program Kuliah Kerja Lapangan II (KKL II) di Jawa Tengah-Banten. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 14-17 November 2019 lalu merupakan bagian dari mata kuliah yang ada di Program Studi Pendidikan Sejarah FIS UNY. Kuliah Kerja Lapangan merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa Pendidikan Sejarah. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk terjun langsung dan belajar bagaimana sejarah penyebaran agama Islam di Nusantara.

Rombongan Peserta KKL dan dosen pembimbing berangkat menuju Banten pada hari Kamis, 14 November pukul 15.00 WIB. Hari berikutnya adalah kunjungan ke Masjid Agung Banten, Museum Banten Lama, dan Keraton Surosowan. Di Banten, peserta KKL II juga mengunjungi makam Sultan Maulana Hasanuddin. Setelah itu, rombongan langsung bertolak menuju Jawa Tengah untuk melakukan kunjungan ke Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus, Makam Sunan Kalijaga, serta Makam dan Masjid Agung Demak di Hari Sabtu. Hari terakhir, Minggu 17 November 2019 peserta melakukan kunjungan terakhir di Klenteng Agung Sam Poo Kong. Setelah itu, rombongan langsung bertolak ke Jogjakarta dan tiba di rektorat UNY sekitar pukul 23.30 WIB.

Bahasa Indonesia