PKKMB PRODI PENDIDIKAN SEJARAH TAHUN 2021 “MEMBANGUN KARAKTER KEBANGSAAN MELALUI PENGEMBANGAN SEJARAH”

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Pendidikan Sejarah tahun 2021 digelar secara virtual melalui Zoom. Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat, 27 Agustus 2021 dengan mengusung tema besar “Membangun Karakter Kebangsaan Melalui Pengembangan Sejarah”. PKKMB merupakan sebuah kegiatan wajib yang dilaksanakan dalam rangka mengenalkan kehidupan. perkuliahan kepada mahasiswa baru. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PKKMB merupakan rangkaian acara yang wajib diikuti Maba mulai dari tingkat Universitas, Fakultas, dan Program Studi. Sungguhpun telah mengikuti rangkaian PKKMB mulai dari tingkat universitas hingga prodi, namun mahasiswa baru Pendidikan Sejarah tampak sangat antusias dan semangat dalam mengikuti acara tersebut.

Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya di awal kegiatan. Lagu kebangsaan ini diputar dengan khidmat sehingga pada awal kegiatan, para dosen, panitia, dan maba terpantik semangat nasionalisme-nya setelah mendengarkan lagu tersebut. Selanjutnya, acara PKKMB Prodi Pendidikan Sejarah secara resmi dibuka oleh Koordinator Jurusan Prodi Pendidikan Sejarah, Dr. Zulkarnain, M.Pd. Pada sambutannya, Dr. Zulkarnain secara khusus menyampaikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru dan berpesan agar mahasiswa baru segera beradaptasi dengan kegiatan seputar perkuliahan, sehingga dapat mengembangkan potensinya secara maksimal.

Selanjutnya, acara inti pada kegiatan PKKMB Prodi Pendidikan Sejarah adalah Talkshow dengan Dr. Zulkarnain, M.Pd dan Dr. Rhoma Dwi Aria Yuliantri, M.Pd. Dua pembicara diatas memaparkan materi yang berbeda, Dr. Zulkarnain selaku Koorprodi menjelaskan seputar profil Prodi Pendidikan Sejarah, sedangkan Dr. Rhoma Dwi Aria Yuliantri, M.Pd menyampaikan materi dengan judul “Sejarah, Narasi Penguasa?” Kedua judul tersebut sangat menarik mahasiswa baru, sehingga dalam talkshow tersebut diskusi interaktif dengan mahasiswa baru terjalin dengan baik. Pada siang hari setelah Ishoma, acara dilanjutkan dengan Aksi Maba, berupa presentasi poster terbaik dari beberapa mahasiswa baru. Selain itu, ada pula sesi Ice Breaking yang sangat seru, berupa tebak gambar pahlawan nasional. Acara tersebut ditutup pada pukul 14.30 WIB dengan sesi foto bersama. (kresna)

 

Bahasa Indonesia