BERITA ACARA HMPS MENGAJAR 2023 “ GELORA MUDA SEMARAK BERSEJARAH “

HMPS Mengajar 2023 dilaksanakan secara luring pada 20-23 Juli di Dusun Ketingan, Tirtoadi, Mlati, Sleman bersamaan dengan Pengabdian Pada Masyarakat atau PPM. Acara ini diselenggarakan dengan melibatkan tiga angkatan yaitu 2021, 2022, dan 2023. Acara HMPS Mengajar tahun 2023 ini mengusung tema, “Gelora Muda Semarak Bersejarah,” dan menggunakan logo berupa Burung Phoenix dengan nama Arkatama yang mempunyai arti sebagai pencipta permata terbaik. HMPS Mengajar ialah kegiatan yang dilakukan oleh HMPS melalui divisi PSDM untuk menunaikan salah satu Tri Dharma Perguran Tinggi. Kegiatan HMPS Mengajar ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan minat belajar bagi anak-anak serta memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan HMPS Mengajar.
Pada masa persiapan, HMPS Mengajar melakukan rapat yang diikuti oleh panitia dan juga rapat gabungan bersama PPM. Pada saat-saat ini yang dilakukan antara lain membahas rangkaian kegiatan, kemudian juga membahas mengenai Open Rekruitmen Pengajar yang akan mengikuti HMPS Mengajar. Total pengajar yang mengikuti HMPS Mengajar tahun 2023 ada 10, dengan rincian 5 angkatan 2021, 3 angkatan 2022 dan 2 angkatan 2023. Selain membuka Open Rekruitmen, HMPS Mengajar juga membuka Open Donasi buku untuk di donasikan ke anak-anak Dusun Ketingan sebagai salah satu rangkaian kegiatan dari HMPS Mengajar.
Pada Hari-H acara, hari pertama 20 Juli 2023, setelah persiapan panitia pukul 15.30 dilakukan pembukaan acara bersamaan dengan PPM. Acara dibuka dengan sambutan-sambutan dan secara resmi dibuka oleh Bapak Danu Eko Agustinova S. Pd. M. Pd. Yang merupakan dosen Pendidikan Sejarah UNY. Pukul 16.15 setelah sambutan yang dilakukan di rumah ibu Dukuh dusun ketingan, kegiatan HMPS Mengajar dilanjutkan dengan menonton animasi bersejarah bersama anak-anak di Dusun Ketingan. Namun, karena ada beberapa kendala kegiatan kurang terlaksana dengan baik.
Hari kedua, 21 Juli 2023. Acara pada hari kedua berjalan lebih lancar daripada hari pertama dengan total anak-anak yang hadir sekitar 28 orang, kegiatan yang dilakukan pada hari kedua lebih berfokus kepada kegiatan belajar bareng, yaitu teman-teman pengajar membantu adik-adik dari ketingan untuk belajar. Untuk hari kedua ini ada beberapa yang membawa PR dan kemudian dibantu oleh pengajar, selain itu juga memanfaatkan buku-buku cerita yang dibawa  pengajar menceritakan isi buku kepada adik-adik yang hadir. Untuk hari kedua adik-adik yang hadir dibagi menjadi 2 kelompok umur yaitu tk-sd kelas 3 dan sd kelas 4-kelas 6.
Hari ketiga, 22 Juli 2023. Kegiatan di hari ketiga dilaksanakan tidak jauh berbeda dengan hari kedua. Namun, di hari ketiga ditambah dengan latihan pentas seni yang dilakukan oleh tujuh anak-anak didampingi oleh pengajar. Untuk pentas seni sendiri akan ditampilkan saat malam penutupan. Pentas seni yang akan ditampilkan oleh anak-anak sendiri merupakan puisi yang sudah disiapkan dari tim HMPS Mengajar yang kemudian dilatih bersama. Pada hari ketiga jumlah anak yang hadir agak mengalami penurunan dengan sekitar 15 anak yang hadir. Kegiatan hari ketiga selesai pada pukul 17.15 WIB. Namun, sehabis Maghrib tujuh anak yang mengikuti pensi melakukan latihan dibersamai oleh pengajar yang dilakukan di Basecamp PPM.
Selanjutnya hari terakhir, tanggal 24 Juli 2023. Kegiatan hari keempat dimulai pada pukul 07.30 pagi, panitia mulai menyiapkan tempat yang digunakan untuk lomba permainan sembari menunggu kedatangan adik-adik yang akan mengikuti kegiatan lomba permainan HMPS Mengajar 2023. Untuk hari terakhir jumlah anak yang hadir lebih dari 25 orang, yang kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok. Terdapat tiga permainan yang dilakukan yaitu gobak sodor, sambung kata, dan estafet karet. Kegiatan lomba permaian ini selesai pada pukul 09.30. tetapi, beberapa anak masih ada yang bermain seperti sepakbola dengan beberapa pengajar dan ada juga yang menggambar. Selanjutnya kegiatan HMPS Mengajar break hingga pukul 16.30 untuk melakukan kembali latihan pensi bersama tujuh orang anak-anak yang sudah dipilih sebelumnya. Kemudian pukul 19.30. diadakan acara penutupan PPM yang diselenggarakan di rumah ibu dukuh Dusun Ketingan. Rangkaian acara pada kegiatan penutupan ini adalah sambutan, kemudian ada pembagian door prize serta pembagian hadiah lomba permainan HMPS Mengajar dan pembagian hadiah lomba mancing PPM. Selain itu, ada juga penampilan Band dari divisi MIBA HMPS dan penampilan pensi anak-anak yang mengikuti HMPS Mengajar 2023. (Yoga)