BERITA ACARA HAKRAB PRODI PENDIDIKAN SEJARAH TAHUN 2022 “ MAKE A BIG SOLIDARITY WITH A SAME HISTORY “

Masih dalam rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru, Prodi Pendidikan Sejarah melalui organisasi kemahasiswaan, kami mengagendakan acara hari keakraban pada tanggal 10-11 September 2022, yang berlokasi di gedung Student Convention Center Universitas Islam Indonesia, Kaliurang, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Acara ini bertemakan “MAKE A BIG SOLIDARITY WITH A SAME HISTORY” yang mengharapkan agar acara hakrab ini lebih memiliki nilai merekatkan nilai solidaritas yang didasari dengan sejarah derita negeri ini yang kita alami bersama. HAKRAB di tahun 2022 ini menjadikan acara ini cukup spesial dikarenakan menjadikan berjalannya kembali acara HAKRAB setelah dua tahun dilaksanakan secara online. Kami dari panitia juga mengharapkan esensi yang besar untuk angkatan 2022 agar lebih merekatkan solidaritas antar teman-teman satu angkatan, kakak tingkat, dan yang terpenting adalah dengan hubungan yang baik dengan alumni prodi pendidikan sejarah.
Rangkaian acara yang mewajibkan narasumber yang memberikan materi yang bervariatif dan mengutamakan berinteraksi dengan mahasiswa baru, yang bertujuan untuk memberikan esensi Hakrab yang lebih interaktif dan mengkrabkan antara narasumber dan peserta. Timeline rundown HAKRAB secara umum yaitu dari hari pertama ada sambutan dan membuka acara oleh selaku pembina HMPS yaitu bapak Asyhar Basyhari. M.Pd. Lalu dilanjutkan oleh sarasehan dosen untuk mengawali dan memperkenalkan acara hakrab yang ditujukan agar memberi semangat untuk mahasiswa baru untuk mengikuti HAKRAB 2022 yang menjadi awal acara HMPS secara offline.
Berlanjut ke acara yang kedua yaitu sarasehan demisioner ketua hima periode 2021,2020,2019,2018 dan Mahasiswa Berprestasi Prodi Pendidikan Sejarah. Yang tujuannya yang memperkenalkan teknis perkuliahan offline, organisasi yang ada di prodi pendidikan, dan tips and trick untuk membagi waktu dalam mengikuti perkuliahan dan organisasi selagi masa blended-offline.
Biarpun acara hakrab sudah dipersiapkan dan melihat kemungkinan terburuknya, tetapi alam tidak bisa diprediksi, acara  mengalami kendala yaitu mati listrik. Untungnya acara masih bisa kondusif dan terhandle dengan baik hingga listrik kembali menyala. Opsi yang diberikan disaat keadaan mati listrik yaitu menambah dekorasi serta penerangan dengan lilin yang sudah disiapkan oleh panitia. Hal tersebut juga menjadikan acara hakrab menjadi suatu nilai plus dalam situasi yang mendadak.
Acara setelah sarasehan alumni dan mapres, HAKRAB 2022 memiliki acara pensi untuk mengkolaborasian kreasi antara anggota gugus yang dibentuk didalam acara hakrab. Pensi di HAKRAB juga memiliki tema yang mengharuskan adanya cerita tentang bab kesejarahan. Pensi juga berjalan cukup lancar dan esensi dari pelaksanaan pensi cukup diresapi oleh peserta dalam konteks mengakrabkan dan koordinasi antar anggota gugus serta pemandu dari tiap masing-masing gugus. Pensi cukup berjalan lancar namun ada sedikit keterlambatan dalam rundown dikarenakan adanya masa listrik sudah menyala kembali. Dan dilanjutkan untuk beres-beres dan persiapan peserta diperkenankan untuk tidur dikamar masing-masing.
Untuk hari kedua agenda lebih memfokuskan untuk acara di luar agar interaksi peserta dan seluruh elemen panitia agar esensi yang terbesar dalam pelaksanaan hakrab, yaitu dari senam bersama, lalu jelajah dan outbond. Untuk pelaksanaannya acara jelajah ini juga di dampingi oleh kakak- kakak alumni yang juga menjelaskan esensi dan output dari pelaksanaan hakrab juga. Acara HAKRAB ini lalu ditutup dan berakhir yang dibersamai foto bersama bapak Doktor Zulkarnain M.Pd selaku koordinator prodi pendidikan sejarah. Serta persiapan untuk pemberangkatan menuju kampus UNY.