PKKMB DEPARTEMEN PENDIDIKAN SEJARAH TAHUN 2023 “BANGKITKAN KREATIFITAS, MENUJU SEJARAH BERKUALITAS"

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Pendidikan Sejarah dan Pariwisata tahun 2023 digelar secara tatap muka digedung LPPM lt.2. Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat, 11 Agustus 2023 dengan mengusung tema besar “Bangkitkan Kreatifitas, menuju sejarah berkualitas” dengan Tag Line “Gaungkan suaramu, tunjukan tekadmu”. PKKMB merupakan sebuah kegiatan wajib yang dilaksanakan dalam rangka mengenalkan kehidupan perkuliahan kepada mahasiswa baru. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PKKMB merupakan rangkaian acara yang wajib diikuti Maba mulai dari tingkat Universitas, Fakultas, dan Program Studi. Mahasiswa pun telah mengikuti rangkaian PKKMB mulai dari tingkat universitas hingga prodi, namun mahasiswa baru Pendidikan Sejarah dan Pariwisata tampak sangat antusias dan semangat dalam mengikuti acara tersebut.
Acara dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan adanya arak-arakan dari fakultas untuk memeriahkan kegiatan PKKMB dan Absensi Maba, kemudian setelah seluruh maba kondusif memasuki venue PKKMB acara dibuka oleh MC diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lagu kebangsaan ini diputar dengan khidmat sehingga pada awal kegiatan, para dosen, panitia, dan maba terpantik semangat nasionalisme-nya setelah mendengarkan lagu tersebut. Setelah itu, Pementasan Seni Tari dari panitia untuk memeriahkan pembukaan PKKMB Departemen. Sejarah Selanjutnya, acara PKKMB  Departemen Sejarah secara resmi dibuka oleh Sekretaris jurusan Pendidikan Sejarah, Dr. Rhoma Dwi Aria Yuliantri  M.Pd. Pada sambutannya, Dr. Rhoma Dwi Aria Yuliantri M.Pd. secara khusus menyampaikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru dan berpesan agar mahasiswa baru segera beradaptasi dengan kegiatan seputar perkuliahan, sehingga dapat mengembangkan potensinya secara maksimal.
Selanjutnya, acara inti pada kegiatan PKKMB Departemen Sejarah adalah Talkshow dengan Dr. Supardi, M.Pd, Dr. Rhoma Dwi Aria Yuliantri, dan Ibu Ebtana Sella Mayang F., M.Arch. dan juga Bapak Danu Eko Agustinova, S.Pd, M.Pd,. Ketiga pembicara diatas memaparkan materi yang berbeda, Dr. Rhoma Dwi Aria Yuliantri, M.Pd. selaku sekretaris jurusan pendidikan sejarah menjelaskan seputar profil Prodi Pendidikan Sejarah, sedangkan Dr. Supardi, M.Pd dan juga Ibu Ebtana Sella Mayang F., M.Arch., menyampaikan Profil jurusan baru yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta yaitu jurusan Pariwisata. Dalam talkshow membahas mengenai keterkaitan jurusan pendidikan sejarah dan pariwisata.
Pada siang hari setelah Ishoma, acara dilanjutkan dengan Aksi Maba, berupa presentasi riview film dan menjelaskan penugasan berupa gif peristiwa sejarah terbaik dari beberapa mahasiswa baru. Selain itu, ada pula sesi Ice Breaking yang sangat seru, berupa permainan yang melatih untuk lebih fokus yang dipandu oleh MC. Setelah itu dilanjut dengan acara Stand Up Comedy UNY dalam rangkaian stand up comedy UNY Mahasiswa baru gembira dan senang. Pada pukul 14.50 dilanjut dengan acara pembacaan nominasi atau awarding kepada mahasiswa baru dan pemilihan king and queen beserta kelompok atau gugus terbaik. (Yoga)