Gelora Historia Tahun 2021 "Penerapan Nilai Karakter Sejarah Dalam Pendidikan dan Kebudayaan Bangsa"

    Gelora Historia merupakan progam kerja Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah , Progam Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial , Universitas Negeri Yogyakarta yang mengadakan kegiatan lomba para peserta tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat. Gelora Historia Tahun 2021 ini diadakan pertama kali dengan tingkat nasional dalam cabang lomba Poster Sejarah dan cabang lomba Essay Sejarah serta terdapat tingkat Se-DIY-Jawa Tengah untuk cabang lomba Komik Sejarah. Gelora Historia Tahun 2021 mengangkat tema “ Penerapan Nilai Karakter Sejarah Dalam Pendidikan dan Kebudayaan Bangsa”. Tema tersebut berkaitan dengan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam sejarah bangsa indonesia dan upaya mensosialisasikan penerapan nilai karakter sejarah bangsa dalam kehidupan bangsa indonesia.
    Gelora Historia Tahun 2021 diadakan pada tanggal 17 Oktober 2021 secara online mengingat keadaan pandemi masih berlangsung. Dalam kegiatan final Gelora Historia Tahun 2021, terdapat para peserta finalis ketiga cabang lomba (Poster, Essay, Komik) yang sudah melalui proses seleksi kemudian lolos menuju babak final. Dalam kegiatan final Gelora Historia Tahun 2021, kegiatan dibuka oleh Kepala Progam Studi Pendidikan Sejarah FIS UNY yaitu Dr. Zulkarnain, M.Pd serta diikuti oleh bapak ibu dosen pendidikan sejarah FIS UNY, para peserta finalis lomba dan guru pendamping, Dewan Juri Gelora Historia Tahun 2021, Alumni pendidikan Sejarah serta seluruh panitia Gelora Historia Tahun 2021. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari para peserta finalis, sesi tanya jawab dewan juri dan diakhiri dengan proses penilaian dewan juri.
    Setelah proses penilaian dewan juri dari ketiga cabang lomba , maka diumumkan pemenang ketiga cabang lomba Gelora Historia sebagai berikut :
A. Pemenang Cabang Lomba Essay Sejarah
    Juara I     : Ardita Setyanabila Mahiswari_SMAN 03 Demak
    Juara II    : Tria Agustina_SMAN 03 Demak
    Juara III     : Alya Eka Khairunissa_SMAN 02 Kota Tangerang
Presentasi Terbaik    : Alya Eka Khairunnisa_SMAN 02 Kota Tangerang

B. Pemenang Cabang Lomba Poster Sejarah
Juara I         : Gabriel Dhwani Widanta_SMA Kolosel Loyola
Juara II         : Azidan Zulhaq_SMAN 02 Purworejo
Juara III         : Ahmad Farhan_SMAN 01 Tanjung Selor
Juara Harapan I    : Eva Chalia Ardian_SMAN 01 Pundong
Juara Harapan II    : Dzaky Zainal Zidan_MAN 02 Kulon Progo
Juara Harapan III     : Hero Adika Yudha_SMAN 01 Pundong

C. Pemenang Cabang Lomba Komik Sejarah
Juara I         : Farrel Aditya Putra Prasetyo_SMKN 05 Yogyakarta
Juara II         : Indira Alma Faiza Setyadi_SMAN 97 Jakarta
Juara III         : Ra’ua Insani Lutfi_SMAN 02 Ponorogo
Juara Harapan I     : Hafidzatul Laili Bi Qur’ani dan Lil Ulil_ SMA IT Baitussalam
Juara Harapan II     : Sandi Dwi Darmawan_SMKN 05 Yogyakarta