Uji Publik Calon Ketua Hima Pendidikan Sejarah 2021 dan Pemilwa FIS UNY

Pemilwa merupakan ajang partisipasi mahasiswa untuk mencalonkan diri menjadi pemimpin suatu organisasi. Tak terkecuali di FIS UNY, pemilwa juga dilaksanakan serentak antara satu jurusan dengan jurusan lain. Mulai dari pemilwa ketua Himpunan Mahasiswa hingga ketua BEM Fakultas Ilmu Sosial UNY. Pemilwa sendiri terdiri dari beberapa tahapan seperti pendaftaran calon, kampanye, uji publik, dan pemilihan calon. Berbeda dari tahun sebelumnya, pemilwa kali ini dilaksanakan secara daring mulai dari tahap pendaftaran calon hingga proses pemilihan calon.
Pada tanggal 17 Desember 2020, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNY berkesempatan untuk menyelenggarakan uji publik calon ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah 2021 secara daring melalui aplikasi Zoom. Ada 2 calon yang mengajukan diri menjadi calon Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah 2021, yakni Alen Sanjaya dan Beka Rafiq Ardiansyah. Kedua calon ini memperkenalkan diri kemudian memaparkan visi misi masing-masing beserta grand design yang dibawa. Kegiatan berlangsung sekitar pukul 18.00 WIB hingga 21.00 WIB.
Terlihat antusiasme dari peserta uji publik yang mengikuti jalannya kegiatan ini. Berbagai pertanyaan seputar visi misi dan grand design dilontarkan oleh peserta yang hadir, tak terkecuali dosen-dosen Pendidikan Sejarah yang turut meramaikan kegiatan uji publik. Pemaparan jawaban dari kedua calon kiranya dapat menjadi gambaran bagi peserta uji publik untuk semakin memantapkan pilihannya ketika tiba waktu untuk memilih. Hingga akhirnya pada tanggal 23 Desember 2020, ketika tiba waktu pemilihan secara daring, Alen Sanjaya selaku calon ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah 2021 nomor urut 1 berhasil memenangkan pentas pemilwa di lingkup jurusan Pendidikan Sejarah dengan meraih total 112 suara.

Bahasa Indonesia