SCHOOLAR #1 (School and Study About Research)m, Tema “Prepare Yourself to B a Great Writer”

Dilaksanakan pada hari Jum’at, 5 Mei 2023 oleh Himpuan Mahasiswa Pendidikan Sejarah (HMPS) melalui Divisi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG). Kegiatan Schoolar #1 mengusung tema “Prepare Yourself to B a Great Writer”, dalam kegiatan ini diisi oleh seorang pembicara yang merupakan dosen dari Pendidikan Sejarah yakni Bapak Alifi Nur Prasetia,M.Pd. yang dimoderatori oleh  saudara Fajjar Widia Permana selaku mahasiswa Pendidikan Sejarah. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 15.00-17.00 WIB, bertempat di Ruang Ki Hadjar Dewantara.

Kegiatan Schoolar #1 ini memberikan fasilitasi dan membimbing peserta yakni mahasiswa Pendidikan Sejarah agar dapat memahami kaidah kepenulisan ilmiah. Dalam kegiatan ini tentunya peserta akan diberikan pengetahuan dasar kepenulisan yang meliputi aturan dan kaidah dalam kepenulisan serta diberikan waktu untuk bertanya mengenai permasalahan yang dihadapi dalam bidang kepenulisan. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan peserta dapat menambah wawasan mengenai kepenulisan dan peerta dapat terbantu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan secara benar sehingga bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi kedepannya.

Kegiatan Schoolar berlangsung dengan lancar, walaupun terdapat sedikit kendala diawal yakni, proyektor yang belum disetting. Namun kendala tersebut tidak terlalu mempengaruhi kegiatan Schoolar ini. Selama kegiatan Schoolar berlangsung antusiasme para peserta juga tinggi, hal ini dibuktikan dengan cukup banyaknya pertannyaan yang dilontarkan oleh para peserta mengenai kepenulisan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut juga telah menemui jalan keluar dan dijawab oleh pembicara yakni Bapak Alifi.