SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SEJARAH TAHUN 2019

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah bekerjasama dengan Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah telah berhasil menyelenggarakan Seminar Nasional dan Temu Alumni tahun 2019. Seminar Nasional Pendidikan Sejarah tahun 2019 menganggkat tema Arah Baru Pendidikan Sejarah dan Kepemimpinan Nasiona. Adapun pembicara dalam Seminar Nasional tahun 2019 ini adalah Prof. Dr. Nana Supriatna, M.Ed. (Guru Besar Pendidikan Sejarah Universitas Pendidikan Indonesia), Dr. Sardiman AM, M.Pd. ( Dosen Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta, dan Bapak Agus Toni Widodo, S.Pd (Alumni Pendidikan Sejarah tahun 1990 / Guru Sejarah SMA N 1 Bantul, Yogyakarta).

Seminar Nasional diikuti oleh kurang lebih 200 peserta dari berbagai kalangan. Peserta tersebut terdiri dari Mahasiswa, Guru, dan Umum. Selain Seminar Nasional, dalam kegiatan ini juga diselenggarakan Prosiding yang diikuti oleh sekitar 54 Peserta. Acara Seminar Nasional dimulai pada pukul 08.30 yang diawali dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia sekaligus melaporkan pelaksanaan Seminar Nasional. Sambutan yang kedua diberikan oleh Dr. Dyah Kumalasari (Kaprodi Pendidikan Sejarah FIS UNY) sekaligus membuka acara.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan tari yang dibawakan oleh Miba Tari HMPS yang diwakilkan oleh Wahyu Tri Utami, Maharani Putri, dan Andini Enggar. Setelah penampilan tari selesai, tiba waktunya penyampaian materi dari ketiga pembicara yang di moderatori oleh Ibu Rhoma Dwi Yuliantri, M.Pd. (Dosen Pendidikan Sejarah FIS UNY). Ketiga pembicara pun menyampaikan materi dengan sedemikian menarik sehingga ketiga sesi tanya jawab banyak peserta Seminar Nasional yang menyampaikan pertanyaan ataupun argumennya terkait materi yang disampaikan oleh pembicara.

Acara kemudian ditutup dengan pemberian cinderamata kepada ketiga pembicara dan moderator serta foto bersama. Acara ditutup secara resmi oleh Pembawa Acara pada puku 11.45 WIB. Kegiatan Seminar Nasional tahun 2019 bekerjasama dengan beberapa pihak seperti Mega Ocean Kalimantan Timur, Dapur Krisna, Chitose, Movie Box, Penerbit Ombak, dan beberapa pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu. (Litbang HMPS 2019)

Bahasa Indonesia